Penjelasan Dan Cara Menggunakan Microsoft Excel 2

MICROSOFT OFFICE EXCEL



Perhitungan pada MS.Excel

  • Penjumlahan

Dalam microsoft excel ada beberapa rumus untuk penjumlahan salah satunya yaitu menggunakan rumus =SUM. CONTOH:

 

Keterangan :Setelah kita menemukan jumlah harga dari setiap barang maka kita bisa menemukan total semua belanjaan tersebut yaitu dengan rumus SUM , karena yang akan kita hitung berada pada cell D3 sampai D7 jadi rumusnya yaitu =SUM(D3:D7) enter. seperti perkalian diatas penjumlahan juga ada rumus sederhananya yaitu sepert ini :

 

keterangan: rumus sederhananya yaitu =D3+D4+D5+D6+D7 enter, hasilnya pun akan sama.


  • Pengurangan

Untuk pengurangan tidak ada rumus khusus, rumus yang digunakan hanya tanda (-) saja, contoh:

 

Keterangan : Dalam kasus soal ini untuk rumusnya sendiri kita letakan di  D10 tepat samping tulisan total akhir belanja lalu kita ketik =D8-D9, maka hasilnya akan muncul.


  • Pembagian

Menghitung pembagian memang agak rumit susah-susah gampang gitu maka dari itu di ms excel sudah di siapkan rumus untuk pembagian yaitu AVERAGE, contoh

 

Keterangan: Karena yang akan kita hitung adalah rata-rata harga maka ketikan rumus =AVARAGE(D3:D7) dan hasilnya pun akan muncul, sekarang kita gunakan rumus sederhannya, contoh:

 

Keterangan :Menurut saya rumus sederhana dari proses pembagian ini lebih rumit dari rumus average karena harus menghitung dulu jumlah item yang akan kita hitung,

Dalam contoh ini saya masukan rumus =(D3+D4+D5+D6+D7)/5 di samping rata-rata harga. Ada beberapa yang harus teman-teman perhatikan, untuk dapat melakukan proses pembagian maka kita harus memisahkan antara nilai yang akan di bagi dengan nilai pembagi.

Nilai yang akan di bagi yaitu dari cell D3:D7 yang di pisahkan dengan tanda kurung artinya nilai yang berada pada tanda kurung akan dihitung terlebih dahulu lalu akan di bagi dengan nilai pembagi yaitu 5, angka 5 di ambil dari jumlah item yang akan dibagi jika item yang akan dibagi ada 10 maka nilai pembaginya harus 10.


  • Perkalian

Dalam kasus soal ini yang pertama harus kita cari yaitu jumlah harga setiap barang, untuk mencarinya bisa kita gunakan rumus PRODUCT, Contoh:

 

Keterangan : Ketikan rumus =PRODUCT(B3:C3) pada cell D3 lalu enter maka akan muncul hasil perkalian antara cell B3 (200000) dengan C3 (1), untuk cell yang lain tinggal copy paste aja rumus tadi ke barisnya masing-masing maka akan secara otomostis rumusnya menyesuaikan dengan cell di sampingnya.

Selain pake rumus PRODUCT bisa juga menggunkan rumus sederhana yaitu menggunakan tanda * , contoh :
 
keterangan : Prosesnya hampir sama dengan rumus PRODUCT  tapi ini pake tanda *, untuk cell lain tinggal copy paste saja maka otomatis rumus menyesuaikan.



Fungsi String Pada MS.Excel

  • LEFT

Digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks.

Left

Rumus :
=LEFT(text, num_chars).
Text adalah data yang diambil atau nama sel dimana data berada.
Nume_chars adalah data berupa angka yang menunjukkan digit yang diambil mulai sebelah kiri.

  • RIGHT

Digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kanan dari suatu teks.

right

Rumus :
=RIGHT(text,num_chars)
Text adalah data yang diambil atau nama sel dimana data berada.
Num_chars adalah berupa angka yang menunjukkan berapa digit yang diambil dimulai dari sebelah kanan (digit terakhir).

  • MID

Digunakan untuk mengambil karakter pada bagian tengah dari suatu teks.

MID

Rumus :
=MID(text,start_num,num_chars)
Text adalah data yang diambil atau nama sel dimana data berada.
Start_num adalah berupa angka yang menunjukkan mulai digit ke berapa pengambilan karakter (karakter paling kiri = digit pertama).
Num_chars adalah berupa angka yang menunjukkan berapa digit yang diambil dimulai dari digit yang ditunjukkan oleh start_num.

  • UPPER

Digunakan untuk membuat karakter menjadi huruf besar semua, huruf kecil menjadi huruf besar dan huruf besar tetap.

UPPER

Rumus :
=UPPER(text)
Text adalah data yang diambil atau nama sel dimana data berada.

  • LOWER

Digunakan membuat karakter jadi huruf kecil semua, huruf besar menjadi huruf kecil, huruf kecil tetap.

LOWER

Rumus :
=LOWER(text)
Text adalah data yang diambil atau nama sel dimana data berada.


Fungsi Logika


Fungsi logika аdаlаh ѕuаtu fungsi untuk dі gunakan mencari ѕuаtu nilai dі dalam kondisi уаng ada hanyalah benar (true) atau salah (false) adapun  kode-kodfungsi logika tеrѕеbut аdаlаh ѕеbаgаі bеrіkut
  • IF : Mengandung pengertian “JIKA” artinya јіkа pernyataan benar maka perintah pertama уаng dі laksanakan, јіkа salah maka perintah kedua уаng аkаn dі laksanakan.
  • AND : bernilai benar јіkа ѕеmuа pernyataan benar
  • OR : bernilai benar јіkа salah satu atau ѕеmuа pernyataan аdаlаh benar
  • NOT : merupakan kebalikan dаrі nilai pernyataan уаng ada, јіkа pernyataan bernilai benar maka fungsi NOT аkаn membuatnya menjadi salah sebaliknya јіkа pernyataan bernilai salah maka fungsi not аkаn membuatnya menjadi benar.


Adapun bentuk umum penggunaan atau penulisan fungsi logika tеrѕеbut аdаlаh ѕеbаgаі berikut:
  • =AND (Pernyataan 1, pernyataan 2,….)
  • =OR (Pernyataan 1, pernyataan 2,….)
  • =NOT (Pernyataan)
  • =IF (Pernyataan, perintah 1, perintah 2,….)

Dalam menjalankan fungsi logika іnі јugа membutuhkan operator relasi ѕеbаgаі pembanding, operator relasi tеrѕеbut adalah:
  • > : Lebih besar dаrі
  • < : Lebih kecil dаrі
  • > = : Lebih kecil ѕаmа dеngаn
  • = : Sаmа dеngаn
  • < > : Tіdаk ѕаmа dеngаn


FUNGSI LOOKUP


Fungsi VLookUp

Fungsi vlookup merupakan fungsi bantuan references. Fungsi Vlookup dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara vertikal.

Penulisannya :
=VLOOKUP(nama_baris;tabel;kolom_pencarian;range_lookup)
Lihat contoh di bawah ini :

 

solusinya :
Pada A8 masukkan nilai NIM terlebih dahulu yang terdapat pada tabel NIM-Nama. kemudian pada B8 ketikkan formula =LOOKUP(A8;$A$2:$B$5;2;0).

Fungsi HLookUp

Fungsi Hlookup merupakan fungsi bantuan references juga. bedanya Fungsi Hlookup dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara horizontal.

Penulisannya :
=HLOOKUP(nama_kolom;tabel;baris_pencarian;range_lookup)
Lihat contoh di bawah ini :


solusinya :
Pada C6 ketikkan formula =HLOOKUP(B6;$B$1:$F$3;2;0).

Lookup Value

Pada prinsipnya sama dengan Vlookup, namun pada lookup value ini memungkinkan kita untuk mengambil beberapa data dari tabel lain sabagai referensi / patokan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Multiplexer dan De-Multiplexer serta Perbedaan Encoder dan Decoder